Sistem Informasi Unit Usaha Toko Pada SD Muhammadiyah 09 Plus

Main Article Content

Hikmat Hikmatull4h

Abstract

Koperasi meupakan salah satu bentuk organisasi di bidang kesejahteraan anggota. Sistem di SD Muhammadiyah 09 Plus Duren Sawit dinilai belum efektif dimana pencatatan data-data masih di catat dalam pembukuan sehingga mudah rusak atau hilang serta pembuatan laporannya memakan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan, membuat perancangan sistem, melakukan Analisa dan pengujian sistem serta untuk melakukan implementasi sistem informasiunit usaha toko pada SD Muhammadiyah 09 Plus Duren Sawit.


Dalam pengembangan sistem informasi unit usaha toko ini, penulis menggunakan metode pendekatan terstruktur yaitu metode waterfall dimana Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu observasi dan wawancara. Untuk metode pengembangan menggunakan metode terstruktur dengan Teknik pengerjaan menggunakan perancangan Data Flow Diagram (DFD).     


Dari hasil penelitian di SD Muhammadiyah 09 Plus, akan dibangun sistem informasi unit usaha toko berbasis web yang dapat membantu dalam mengelola data-data dan dapat mengurangi kesalahan dalam proses pencatatan data serta mengurangi kesalahan dalam penyampaian laporan.


           


 

Article Details

Section
Articles

References

[1] Maniah, S.Kom M.T. Dini Hamidi, S.Si. MBA.2017 , MT Buku Analisis &perancangan sistem informasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
[2] Prof.Dr.Sri Mulyani Ak.CA,2016 BukuMetode analis dan perancangan system. Bandung: Abdi Sistematika.
[3] Faizal, Edi dan Irnawati. 2015. Pemrograman Java Web (JSP, JSTL, &SERVLET)tentang Pembuatan Sistem Informasi Klinik Dimplementasikan dengan Netbeans IDE 7.2 dan MySQL. Yogyakarta : GavaMedia.
[4] Martin Wibowo dan Ahmad Subagyo, 2017 Buku Tata kelola koperasi yang baik. Yogyakarta: CV Budi Utama.
[5] Martin Wibowo dan Ahmad Subagyo, 2017 Buku Tata kelola koperasi yang baik. Yogyakarta: CV Budi Utama.