Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Parkir Menggunakan Metode Waterfall

Main Article Content

Agud Jumadi Rauf Agus Jumadi Rauf

Abstract

Pengelolahan lahan parkir yang baik membutuhkan sebuah system informasi berbasiskan teknologi informasi. Hal ini untuk menunjang beberapa kebutuhan proses kerja pada pengelolahan lahan parkir, seperti contoh dalam pencatatan tamu masuk dan tamu keluar, perhitungan lama parkir, management anggota langganan parkir, dan juga pendokumentasian menggunakan kamera foto untuk penunjang kemanan proses parkir, yang mana kegiatan tersebut yang jika dilakukan secara manual memakan waktu yang lama dan tidak efisien. Sehingga dalam penelitian ini penulis membahas rancangan Pengembangan Sistem Informasi Manajement Parkir Menggunakan Metode Waterfall.


Dalam Pengembanan Sistem Informasi Manajemen Parkir metode waterfall, sebuah metode system development life cycle generasi awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak yang proses pengembangannya sekuensial linie. Metodologi penelitian menggunakan waterfall, dengan tahapan Analisa, perancangan, pengkodean, pengujian, pembuatan, pemeliharaan.


Penelitian ini menghasilkan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Parkir Menggunakan Metode Waterfall, yang dapat memudahkan dalam pencataan tiket masuk dan transaksi keluar, proses pembuatan laporan harian dan laporan bulanan, dan adanya member untuk yang berlangganan di area parkir. Dapat mengubah sebuah pengolaan manual menjadi sistem yang tersetruktur.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Artikel dimuat pada Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis (EMAS) FE Unimas Mojokerto
[2] Artikel tentang Keefektifan Sistem Informasi Manajemen Kearsipan Terhadap Penemuan Kembali Arsip
[3] Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. 2017. Pengantar Sistem Informasi. CV.ANDI OFFSET. Yogyakarta
[4] Fitriani, Yuni, dan Roida Pakpahan. 2018, Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Saran Informatika. XX (2).
[5] Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. DEEPUBLISH. Yogyakarta