SISTEM INFORMASI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH DI MASJID ABU BAKAR ASSHIDDIQ

Main Article Content

Ahyani Ahyani
Nasirudin

Abstract

Bertambahnya potensi masyarakat yang mampu dan sudah wajib untuk membayar zakat atas harta yang dimilikinya dan kesadaran untuk melakukan infak dan sedekah, namun karena kurangnya informasi tentang zakat, infak dan sedekah (ZIS) maka diperlukan suatu badan atau lembaga untuk mengelola ZIS. Dilihat dari situasi seperti itu munculah pemikiran untuk menjalankan suatu kegiatan dengan sistem yaitu sebuah sistem informasi yang dapat membantu dalam transaksi, pengelolaan maupun edukasi mengenai zakat, infak dan sedekah.


Sistem informasi Zakat, Infak dan Sedekah di Masjid Abu Bakar Asshiddiq ini dibangun menggunakan metode Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, dan pengujian. Sistem informasi ini berbasis web dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, antarmuka HTML, CSS dan javascript serta pengolahan database Mysql. Sistem informasi ini dijalankan dengan software XAMPP menggunakan server apache di local dan belum dapat diakses melalui internet.


Hasil yang diperoleh dari Sistem informasi Zakat, Infak dan Sedekah di Masjid Abu Bakar Asshiddiq ini adalah membantu melaksanakan kegiatan Zakat, infak dan sedekah. Terutama untuk pengelola ZIS yang dapat lebih cepat dalam melakukan kegiatannya dan dapat menyimpan informasi secara aman dan dapat dipertanggungjawabkan serta sebagai media edukasi untuk masyarakat sekitar.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Sidharta, Lani. 2010. Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
[2] Azhar Susanto. 2017. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Linggar Jaya.
[3] Raymond Mc Leod, Jr dan George P Schell. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Salemba Empat.
[4] Prabawati.Ari.Theresia.2016.”Teknik Mudah Membangun Website dengan HTML, PHP, dan MySQL”. ANDI. Yogyakarta.
[5] Ningsih Kustiyah, (2011), Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL, Jakarta, Graha Ilmu.
[6] Supomo, Putratama Virdiandry, (2016), PemrogramanWeb Dengan Menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter,Sleman, Deepublish.