APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DASAR MENGGUNAKAN ANDROID

Main Article Content

Adli Muzacky

Abstract

Teknologi perangkat mobile Smartphone saat ini berkembang semakin cepat. Android adalah salah satu sistem operasi dari Smartphone. Ilmu pengetahuan yang semakin maju sangat membutuhkan penguasaan bahasa inggris. Bahasa inggris akan lebih mudah diajarkan sejak usia dasar. Namun masih sedikit Aplikasi pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dasar. Maka dari itu penulis mempunyai inovasi untuk membuat Aplikasi untuk menarik antusias anak dalam belajar bahasa inggris. Metodologi yang penulis gunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan beberapa cara yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution.Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana belajar anak, pada bahasa inggris. Untuk membantu anak – anak dalam proses belajar bahasa inggris dan juga meningkatkan motivasi belajar anak – anak.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2018.
[2] Suyanto, K.E Kasihani. Hakikat Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak (2013).
[3] Septa, Frandika,. 2019. Analisis Kualitas Layanan E-Goverment Dengan Pendekatan EGovQual Modifikasi, Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol.9, no.2.
[4] Mustika, Sugara, Eka P A. Pratiwi, Maissy. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” JOIN (Jurnal Online Informatika) Volume 2 No.2 (Desember 2017), hlm. 121 - 126.
[5] Sugiarto, Hari. “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad dan Angka,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology) Vol.3 No.1 (Mei 2018), hlm. 27.
[6] Nazir, Moh. Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2005.
[7] Sabrina, Maya “Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android” Tugas Akhir Universitas Sumatera Utara, Medan, 2017.
[8] Falahudin, I. “ Pemanfaatan media dalam pembelajaran.” Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), (2014) Hlm.104-117.
[9] Pangestika, Galih Vidia. Wikusna, Wawa. & Hermansyah, Aris. “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MURID SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID”, Jurnal e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, (Desember 2017) hlm.1562.