MERANCANG SISTEM MONITORING DAN REPORTING TRANSAKSI BERBASIS WEB PADA PT. LATERIA GUNA PRESTASI

Main Article Content

Ega Teja Pratama
Aditya Waras Utama

Abstract

Dalam penelitian ini dirumuskan suatu masalah tentang bagaimana proses implementasi sistem monitoring transaksi PPOB berbasis web menggunakan konsep Object Oriented Programming pada PT. Lateria Guna Prestasi terkait proses monitoring transaksi yang sebelumnya cukup menyulitkan karena dilakukan dengan melibatkan tim IT dari masing-masing transaksi yang disampaikan oleh customer service. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah proses monitoring transaksi dan meningkatkan keakuratan hasil pengecekan status transaksi apakah transaksi tersebut sukses atau gagal serta agar dapat digunakan untuk keperluan pengecekan saldo mitra dan berbagai pengecekan laporan transaksi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep object oriented programming.


 


Pendekatan model atau metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah rapid application development yaitu dengan melakukan tiga tahapan pengembangan mulai dari requirements planning, RAD design workshop, dan tahap implementation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses monitoring transaksi menggunakan aplikasi sistem monitoring transaksi PPOB membuat proses monitoring menjadi lebih cepat, efektif, dan mendapatkan informasi terkait status transaksi dengan tingkat keakuratan yang lebih baik dari sebelumnya.


 


Kesimpulan dari hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa dengan adanya sistem monitoring ini mampu mempermudah proses monitoring transaksi PPOB sehingga dapat dilakukan secara menyeluruh dan mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Article Details

Section
Articles

References

Yesputra, dkk” Implementasi Object Oriented Programming Dalam Pengembangan Aplikasi Berbasis Web”, 2017.
Adhiwibowo, dkk” Model Pengembangan Aplikasi Pembayaran Angsuran Pinjaman Online Menggunakan PHP-MySQL Dengan Metode Object Oriented Programming”, Vol.3, No.2, 2017.
Mardison,” Perancangan Sistem Informasi Pembelian Etiket Dengan Menggunakan Aplikasi Metode Data Grafik Pada CV. Tranex Mandiri Kota Pariaman Yang Di Dukung Oleh Bahasa Pemograman PHP dan Database MySQL”, 2017.
Firman, dkk,“Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web”, Vol. 5 No. 2, 2016.
Lavarino, dkk,” Rancang Bangun E–voting Berbasis Website di Universitas Negeri Surabaya”, Vol. 6 No.1, 2016.
Saputra, dkk,” Teknik Cepat Membangun Aplikasi Web Dengan Framework CakePHP”, Lokomedia Yogyakarta 2011.
Permana,” Pengembangan Sistem Presensi berbasis Lokasi menggunakan Geofence WiFi dan REST API pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya”, Vol. 3 No. 9, 2019.
Khairil, dkk,”Membangun Webserver Intranet Dengan Linux”, Vol. 9 No. 1, 2015.
Jijon Raphita Sagala,” Model Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Belajar Mengajar”, Vol. 2 No. 1, 2018.
M. Sidi Mustaqbal, dkk,“Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis”, Vol. 1 No. 3, 2015.
Nicky Rolly, dkk,” Pengembangan Aplikasi Mobile Academic Information System (Ais) Berbasis Android Untuk Pengguna Dosen Dan Mahasiswa”, Vol. 8 No. 1, 2015.