SISTEM INFORMASI PARIWISATA KECAMATAN KLAPANUNGGAL BERBASIS WEB

Main Article Content

Habibah Nurfauziah
Hafif Setiaji

Abstract

Kecamatan Klapanunggal memilik daya tarik yang kuat bagi banyak orang untuk berkunjung, karena banyak tempat wisata yang indah dan menarik. Wisata di Kecamatan Klapanunggal didominasi oleh wisata goa yang dipenuhi ornamen-ornamen biota goa yang indah, karena Kecamatan Klapanunggal terletak di kawasan pegunungan kapur (Gunung Kars). Sehingga dibutuhkan media untuk mempromosikan objek wisata tersebut kepada Khayalak Umum, dan dapat di akses secara online dan mudah dalam penggunannya.


Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah Metode Waterfall SDLC (System Development Life Cycle). Alasan menggunakan metode ini adalah karena metode Waterfall ini melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan dalam membangun suatu sistem. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak yang terdiri dari tahap-tahap: Analisis Kebutuhan, Desain, Implementasi, Pengujian dan Pemeliharaan. Tools perancangan perangkat lunak menggunakan UML yang terdiri dari Use case, Activity Diagram, Class diagram, dan Sequence Diagram.


Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang mempernudah wisatawan dalam mengakses informasi wisata secara online. Sistem yang dibangun menampilkan deskripsi tempat wisata di Kecamatan Klapanunggal.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Billah, E. (2019). Pengertian dan Tahap Metode SDLC Waterfall. In Medium.Com. https://medium.com/@ersandibillah03/SDLC-waterfall-3a3c893be77b#:~:text=Model Waterfall adalah suatu proses,%2C pemodelan%2C implementasi dan pengujian.
[2] Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis.
[3] Hidayati, D. (2014). Sekilas Pintas Hayo dan Sifika, Kepurbakalaan Pulau-pulau Terdepan di Nias Selatan. In Arabesk: Vol. XVI (Issue 1).
[4] Isa Wahyudi. (2014). Konsep Pengembangan Pariwisata. In Http://Cvinspireconsulting.Com/Konsep-Pengembangan-Pariwisata/. http://cvinspireconsulting.com/konsep-pengembangan-pariwisata/
[5] Mulyati, Y. (2005). Konsep Sistem Informasi. In Jurnal Administrasi Pendidikan UPI (Vol. 3, Issue 1). deepublish.
[6] Prawiro, M. (2018). Pengertian Informasi: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contohnya. In Maxmanroe.Com. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-informasi.html
[7] Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., November, 1–9.