SISTEM INFORMASI ANGKET BERBASIS WEB DI BKB NURUL FIKRI

Main Article Content

Taufiqqurrachman Taufiqqurrachman
rifqi bagus imaduddin

Abstract

Dalam dunia pendidikan, peran pengajar menjadi salah satu faktor yang paling penting, terutama kualitas pengajarannya. Terdapat beberapa cara untuk mengukur kualitas pengajar. Salah satu cara yang dilakukan oleh Bimbingan Kelompok Belajar (BKB) Nurul Fikri adalah penilaian melalui penyebaran angket. Dengan jumlah siswa dan pengajar yang banyak, penyebaran dan proses hasil penilaian angket ini menjadi tidak efisien karena membutuhkan waktu yang cukup lama serta menjadi tidak efektif karena angket yang disebar masih dalam bentuk kertas yang cenderung mudah rusak dan hilang.


Metodologi perancangan sistem yang penulis gunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) model Waterfall dengan teori Pressman yang terdiri dari tahapan requirement system, design, implementation, testing dan maintenance. Dalam melakukan analisis dan perancangannya penulis menggunakan pendekatan obyek dengan UML (Unified Modelling Language).


Pengisian angket dan hasil penilaiannya yang menerapkan metode SAW (Simple Additive Weighting) dalam prosesnya menghasilkan sistem informasi yang memudahkan siswa, pengajar, dan manajemen dalam melakukan kontrol terhadap kualitas pengajar dan pengajaran di BKB Nurul Fikri

Article Details

Section
Articles

References

[1] A. Al Ayubbi and F. Zayid, “APLIKASI E-LEARNING PENDIDIKAN GURU PENGAJAR QIRAATI ( PGPQ ) BERBASIS WEBSITE,” vol. 5, no. 1, pp. 11–24, 2020.
[2] A. S. Hidayat, E. Martantoh, U. Panca, S. Bekasi, K. Bekasi, and J. B. Indonesia, “Sistem Informasi Penilaian Smk Global,” J. SIBERNETIKA, vol. 6, no. 1, pp. 15–24, 2021.
[3] M. Hasbiyalloh and D. A. Jakaria, “Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapan Handphone di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya,” Jumantaka, vol. 1, no. 1, pp. 61–70, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/.
[4] A. N. Fadlilah, “Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 373, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.548.
[5] M. Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ and J. Suwita, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang,” Ipsikom, vol. 8, no. 1, 2020.
[6] L. Rusdiana et al., “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weightning Pada SMKN 1 Kotabumi,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 233–241, 2019.
[7] davis dalam Hartono, “Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi,” 0, no. 1, pp. 37–45, 2016.
[8] “Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML”, Munawar, 2018, Penerbit Informatika, hal. 49
[9] D. S. Purnia, A. Rifai, and S. Rahmatullah, “Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2019, pp. 1–7, 2019.