SISTEM KENDALI GERBANG BERBASIS ANDROID DAN ARDUINO MENGGUNAKAN PERANGKAT BLUETOOTH

Main Article Content

Dewi Estri Jayanti Harahap
Ali Anwar ali

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman sekarang sudah banyak perkembangan, ada banyak sekali inovasi - inovasi baru yang diciptakan untuk dapat mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya di dalam maupun di luar ruangan. Salah satunya adalah pengendalian alat – alat, baik itu diperusahaan maupun di rumah seperti lampu, AC maupun pintu dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem buka - tutup pintu gerbang di PT. Agatha Felix agar dapat di kendalikan melalui smartphone yang terhubung dengan Bluetooth.


Metodologi pengembangan aplikasi yang penulis gunakan adalah metode SDLC (System Development  Life Cycle) dengan metodewaterfall dimana tahapannya yaitu requirement analysis  and  definition, system  and  software  design, implementation and  unit  testing, integration  and  system  testing,  dan operation  and maintenance. Dalam teknik pengumpulan datanya, Penulis menggunakan observasi dan wawancara.


Hasil pengujian, sistem yang dibuat telah sesuai 85% dengan kebutuhan perusahaan. Sistem kendali gerbang berbasis android yang dibuat memiliki fungsi yang dapat membantu karyawan perusahaan.

Article Details

Section
Articles

References

[1] K. Ogata, Teknik Kontrol Automatik Jilid 1. Erlangga, 1997.
[2] I. Agustian, “Definisi Sistem Kendali,” 2013. http://te.unib.ac.id/lecturer/indraagustian/2013/06/definisi-sistem-kendali/.
[3] H. Hadi, “Pemrograman Android Untuk Pelajar & Mahasiswa : Belajar & Praktek Langkah Demi Langkah,” 2018. https://play.google.com/books/reader?id=5WydDwAAQBAJ&pg=GBS.PR1&hl=en_US (accessed Oct. 10, 2021).
[4] A. Supriyanto, “Tinjauan Teknis Teknologi Perangkat Wireless Dan Standar Keamanannya,” Teknol. Inf. Din., vol. 11, no. 2, pp. 75–83, 2006.
[5] M. Cook, “Basic Arduino,” Arduino Music Audio Proj., pp. 3–30, 2015, doi: 10.1007/978-1-4842-1721-4_1.
[6] I. Sommerville, Software Engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education. 2011.