SISTEM KENDALI GERBANG BERBASIS ANDROID DAN ARDUINO MENGGUNAKAN PERANGKAT BLUETOOTH
Main Article Content
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman sekarang sudah banyak perkembangan, ada banyak sekali inovasi - inovasi baru yang diciptakan untuk dapat mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya di dalam maupun di luar ruangan. Salah satunya adalah pengendalian alat – alat, baik itu diperusahaan maupun di rumah seperti lampu, AC maupun pintu dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem buka - tutup pintu gerbang di PT. Agatha Felix agar dapat di kendalikan melalui smartphone yang terhubung dengan Bluetooth.
Metodologi pengembangan aplikasi yang penulis gunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan metodewaterfall dimana tahapannya yaitu requirement analysis and definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing, dan operation and maintenance. Dalam teknik pengumpulan datanya, Penulis menggunakan observasi dan wawancara.
Hasil pengujian, sistem yang dibuat telah sesuai 85% dengan kebutuhan perusahaan. Sistem kendali gerbang berbasis android yang dibuat memiliki fungsi yang dapat membantu karyawan perusahaan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] I. Agustian, “Definisi Sistem Kendali,” 2013. http://te.unib.ac.id/lecturer/indraagustian/2013/06/definisi-sistem-kendali/.
[3] H. Hadi, “Pemrograman Android Untuk Pelajar & Mahasiswa : Belajar & Praktek Langkah Demi Langkah,” 2018. https://play.google.com/books/reader?id=5WydDwAAQBAJ&pg=GBS.PR1&hl=en_US (accessed Oct. 10, 2021).
[4] A. Supriyanto, “Tinjauan Teknis Teknologi Perangkat Wireless Dan Standar Keamanannya,” Teknol. Inf. Din., vol. 11, no. 2, pp. 75–83, 2006.
[5] M. Cook, “Basic Arduino,” Arduino Music Audio Proj., pp. 3–30, 2015, doi: 10.1007/978-1-4842-1721-4_1.
[6] I. Sommerville, Software Engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education. 2011.