APLIKASI PENGENALAN SHOLAT FARDHU BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK USIA DINI PADA TPA AL AZHAR

Main Article Content

Nur Rachma
Teo Christianto Hukom

Abstract

Sholat merupakan media komunikasi antara manusia dengan Allah SWT. Pendidikan mengenai sholat pada anak usia dini di TPA Al Azhar biasanya diajarkan dengan metode yang bimbingan tatap muka, misalnya disekolah dengan bimbingan guru atau dirumah dengan bimbingan orang tua. Terjadinya pandemi akibat virus Covid-19 menyebakan proses bimbingan pelaksaan sholat pada anak-anak menjadi terganggu dan sebagai alternatif pengganti kehadiran guru adalah dengan dibuatkannya aplikasi pengenalan sholat fardhu.


Dalam analisis dan perancangan sistemnya penulis menggunakan metodologi SDLC (System Development Life Cycle) model Waterfalldengan tahapan kegiatannya yaitu analisa kebutuhan sistem, desain sistem, testing, implementasi dan perawatan. Pada tahap analisis dan perancangan lunaknya berbasis objek menggunakan pendekatan UML (Unified Modelling Language).


Aplikasi berbasis android yang cukup interaktif ini tetap membutuhkan pendampingan dari orang tua agar anak lebih memahami fitur-fitur yang disajikan dalam pengoperasian aplikasinya. Interaktif langsung anak terhadap perangkat gadget menjadi kegiatan yang menarik karena anak bisa memilih dan mengulang-ulang tampilan atau subyek materi sesuai keinginannya.

Article Details

Section
Articles

References

[1] A. Juansyah, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015, [Online]. Available: elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375.
[2] Mujiburrahman, “Pola Pembinaan Keterampilan Shalat Anak Dalam Islam,” J. Mudarrisuna, vol. 6, no. 2, pp. 185–204, 2016.
[3] A. Ikhwan, M. A. Badruzaman, A. Khoir, and M. Muslihudin, “Implementasi Aplikais Penghafal Huruf Berbasis,” J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam JPGMI, vol. 4, no. 1, pp. 23–32, 2018.
[4] A. N. Nurhayati, A. Josi, and N. A. Hutagalung, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dan Pembelian Barang Pada Koperasi Kartika Samara Grawira Prabumulih,” J. Teknol. dan Inf., vol. 7, no. 2, pp. 13–23, 2018, doi: 10.34010/jati.v7i2.490.
[5] M. T. Rustam, L. Sipahutar, and ..., “Sistem Informasi Pembayaran SPP dan Absensi Siswa Berbasis SMS Gateway,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 4, pp. 1033–1042, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2354.
[6] Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018.
[7] M. Tabrani, Suhardi, and H. Priyandaru, “Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada Unl Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Ilm. M-Progress, vol. 11, no. 1, pp. 13–21, 2021.
[8] R. Hosea, G. S. Budhia, and L. W. Santoso, “Pembuatan game rpg multiplayer online berbasis android,” J. Infra, vol. 5, no. 1, pp. 355–361, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/104512-ID-pembuatan-game-rpg-multiplayer-online-be.pdf.
[9] W. W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad),” J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta ISSN, vol. 4, no. 1, pp. 34–40, 2018, [Online]. Available: http://www.informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/34.