SISTEM PENDAFTARAN YUDISIUM DAN WISUDA BERBASIS WEBSITE PADA STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA

Main Article Content

Ilham Banten Panggabean
Bambang Judi Bagiono

Abstract

Pendaftaran yudisium dan wisuda di STMIK Muhammadiyah Jakarta memerlukan banyak persyaratan dan meminta paraf dari beberapa bagian untuk vrifikasi berkas, tentunya membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup besar, terlebih lagi kampus STMIK Muhammadiyah Jakarta mempunyai beberapa cabang dengan jumlah mahasiswa yang banyak. Tanpa mengesampingkan aspek kenyamanan maka sebuah aplikasi pendaftaran yudisium dan wisuda berbasis website akan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena mahasiswa tidak perlu lagi menggandakan berkas dan meminta paraf dalam melakukan pendaftaran dan admin tidak akan penumpuk banyak dokumen berkas pada ruangannya.


Metodologi pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model proses waterfall sampai tahap pengujian. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Studio Code dengan menggunakan MySQL sebagai databasenya.


Dengan adanya sistem ini sehingga dapat membantu dan mempermudah proses pendaftaran yudisium, karena telah tersistem rapi mulai dari pendaftaran sampai dengan proses pengarsipan.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Prof. Dr. Ir. Marimin, M.Sc, Ir. Hendri Tanjung, M.M., M.Ag, dan Haryo Prabowo, S.P., M.M, "Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia," Jakarta, PT Grasindo, 2006, pp. 1-2.
[2] J. Hutahean, "Konsep Sistem Informasi," Yogyakarta, Deepublsh, 2014, p. 1.
[3] L. A. d. Munawari, "Sistem Informasi Manajemen," Aceh, Komunitas Informasi Teknologi Aceh, 2018, pp. 2-3-4.
[4] "lektur.id," [Online]. Available: https://lektur.id/arti-pendaftaran/. [Accessed 11 Mei 2020].
[5] "sumberpengertian.id," Pengertian Yuisium dalam Perkuliahan, [Online]. Available: https://www.sumberpengertian.id/pengertian-yudisium- dalam-perkuliahan. [Accessed 11 Mei 2020.].
[6] "sumberpengertian.id," Pengertian Wisuda dalam Perkuliahan, [Online]. Available: https://www.sumberpengertian.id/pengertian-wisuda- dalam-perkuliahan. [Accessed 11 Mei 2020].
[7] R. Hidayat, "Cara Peraktis Membangun Website Geratis," Jakarta, PT Elex Media Komputindo, 2010, p. 2.
[8] H. P(Ed), "Membangun Website Tanpa Modal Menggunakan CMS WordPress beserta Domain dan Hosting Gratis," Yogyakarta, Andi dan Wahana Komputer, 2010, p. 1.
[9] Roni Habibi & Riki Karnovi, "Tutorial Membuat Aplikasi Sistem Monitoring Terhadap Job Desk Operational Human Capital," Bandung, Kreatif Industri Nusantara, 2020, p. 31.