RANCANG BANGUN JARINGAN PROXY SERVER BERBASIS OPEN SOURCE PADA IBNU HAJAR BOARDING SCHOOL

Main Article Content

Nur Kumala Dewi
ismail ismail

Abstract

Penggunaan internet dewasa ini sangatlah meningkat, dengan peningkatan penggunaan internet maka dibutuhkan sebuah system yang berguna untuk memenej lalu lintas jaringan serta di butuhkan sebuah system untuk keamanan jaringan. Maka untuk mengatasi hal ini maka di rancanglah sebuah Proxy Server Berbasis Open Source.


Dalam Perancangan Jaringan Proxy Server Berbasis Open Source dilakukan dengan metode pengembangan sistem NDLC (Network Development Life Cycle), dimulai dari identifikasi masalah kemudian melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi di yang termasuk dalam tahap analisis, dilanjutkan dengan membuat perancangan topologi jaringan yang akan dibangun yang temasuk dalam tahap desain, lalu hasil perancangan tersebut disimulasikan dan tahap terakhir adalah tahap implementasi sistem yang sudah dibuat.


Hasil akhir dari penelitian ini  mampu menghasilkan sebuah sistem control dan manajemen jaringan yang mana bisa dimanfaatkan untuk pemantauan penggunaan internet, dalam hal ini penulis juga berharap penggunaan internet menjadi semakin berguna dan bermanfaat sesuai dengan fungsinya.

Article Details

Section
Articles

References

A. Kurniawan, “Pengertian Jaringan Komputer,” 19 September 2021. [Online]. Available: https://www.gurupendidikan.co.id/jaringan-komputer/.
I. Sofana, Membangun Jaringan Komputer Membangun Jaringan Komputer : Mudah membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) untuk pengguna Windows dan Linux, Bandung: Informatika, 2013.
J. O’Brien, Management Information System, New York: McGraw-Hill, 2011.
F. N. Khasanah, “Squid Proxy Server untuk Peningkatan Performa Akses Internet Pada Ubuntu Server 10.10,” BINA INSANI ICT JOURNAL, Vol.4, No. 1, pp. 1-8, 2017.
C. N. a. K. I. F. Fitri, “IMPLEMENTASI SQUID SEBAGAI REVERSE PROXY UNTUK KEPERLUAN BACKUP SERVER,” Jurnal Manajemen Informatika. vol.08, no.1, pp. 29-36, 2017.
Godam64, “PENJELASAN & PENGERTIAN OPEN SOURCE SOFTWARE DAN FREE SOFTWARE,” 2017. [Online]. Available: http://www.organisasi.org/1970/01/penjelasan-pengertian-open-source-software-dan-free-software.html#.YcAnQ2hBxPY. [Accessed 20 Februari 2021].
M. Rifqi, “KAJIAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS,” TELEMATIKA, vol. 4, p. 98, 2012.
A. A. E. S. X. B. N. Johanes E. Siswosubroto, “Analisa dan Perancangan Arsitektur Jaringan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit (BTKLPP),” Teknik Elektro dan Komputer, vol. 4, p. 39, 2015.
D. S. Tony Sanjaya, “Network Development Life Cycle (NDLC) Dalam Perancangan Jaringan Komputer Pada Rumah Shalom Mahanaim,” MAHASISWA BINA INSANI, vol. 4, p. 3, 2019.