SISTEM PAKAR PENGENALAN BAKAT DAN KEPRIBADIAN ANAK BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Faiz Rafdhi
Hadi purnomo

Abstract

Waktu adalah suatu hal yang sangat mahal bagi sebagian besar orang tua saat ini, kesibukan dunia kerja terkadang merenggangkan jarak mereka dengan keluarga terutama putra dan putrinya. Dampak dari kesenjangan itu membuat orang tua kurang dapat memahami bakat yang ada pada anak mereka, oleh karena itu dibutuhkan peran seorang konselor yang dapat membantupermasalahan tersebut. Website menjadi penting sebagai sarana interaksi antara sebuah keluarga dengan seorang konselor, terutama pada saat pandemi seperti sekarang ini. Klinik Borneo Psychology Consulting adalah sebuah klinik konsultasi psikologi di daerah Sanggau kalimantan barat. Selain media sosial klinik ini membutuhkan website sehingga dapat menjangkau lebih luas lagi keluarga untuk mendapatkan pemecahan masalah psikologi secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website yang dapat memudahkan interaksi antara keluarga dengan seorang konselor dalam memahami bakat yang ada pada anak sesuai kepribadiannya.


Berdasar pada paragrafpertama tentang perlunya website yang dapat memudahkan pengenalan bakat menurut kepribadian anak,maka penelitianini berjudul sistem pakar pengenalan bakat dan kepribadian anak berbasis website.Sistem pakar ini mengggunakan penalaran metodeForward Chaining dalam perancangannya. Sebagai pengembanganmenggunakan tools seperti Sublime text, MySQL, XAMPPdan Browserchrome. Metode pengembangan sistem menggunakan ESDLC (Expert System Development Life Cycle)  dan toolsperancangan sistem menggunakan UML.        


Hasil penelitian ini akan dapat membantu memudahkan keluarga untuk konsultasi awaldalam menentukan kepribadian anak mereka. Memudahkan anak serta orangtua dalam bimbingan konsultasi di luar lingkungan sekolah, juga membantu keluarga yang tinggal di daerah yang ingin berkonsultasi tentang kepribadian putra dan putri mereka.

Article Details

Section
Articles

References

2012.
[2] M. P. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons; Edris Zamroni, S.Pd., Teori dan Praktik Pemahaman Individu Teknik Testingitle. Media Prenada, 2019.
[3] P. Nur Fatwikiningsih, S.Psi, M.Psi, Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Penerbit Andi, 2020.
[4] Sumadi Suryabrata, PSIKOLOGI KEPRIBADIAN. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
[5] B. dkk Raharjo, Modul Pemrograman Web, HTML, PHP & MySQL. Bandung: Modula, 2014.
[6] A. & T. C. T. Kadir, Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2013.
[7] I. G. Triandini, Evi; Suardika, Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Penerbit Andi.
[8] R. B. Hadiprakoso, Rekayasa Perangkat Lunak. RBH, 2020.
[9] N. O. Syamsiah, “Penerapan Esdlc Pada Sistem Pakar Forward Chaining Dan Rule Base Reasoning Untuk Diagnosa Awal Penyakit Kardiovaskular Dan Paru-Paru Manusia,” vol. I, no. 1. pp. 119–127, 2015.