SISTEM INFORMASI PEMAKAMAN DI TPU PADURENAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Main Article Content

Hermawan Febrianto
Moch. Arief Sutisna

Abstract

Makam adalah tempat tinggal, kediaman, bersemayam yang merupakan tempat persinggahan terakhir manusia yang sudah meninggal dunia dan kuburan adalah tanah tempat menguburkan mayat. Sedangkan pengertian lafad al-qubu>r merupakan jama‟ dari al-qabr, yang bermakna tempat memakamkan orang mati atau tempat pemakaman manusia. Lahan Pemakaman merupakan suatu bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan. Banyak lahan yang sudah tidak terawat dan tidak teratur dalam pengelolaan serta penataan lahan yang tersedia. Pemetaan lahan yang tidak teratur berdampak pada penataan dan pendataan data makam  yang tidak jelas.


Tujuan dari penelitian ini memberikan solusi melalui pengkajian beberapa teori dan observasi dilapangan dalam rangka SistemInformasi Pemakaman Berbasis Website. Metodologi pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode Waterfall degan tahapan : Analisa , Desain, Testing dan Implementasi serta Maintenace. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, CSS, Javascrypt, Bootstrap sebagai framework, dengan menggunakan mysql sebagai databasenya. 


Hasil dari penelitian ini merupakan sistem informasi pemakaman yang dapat memberikan data makam, denah makam serta data orang yang dimakamkan dan area pemakaman yang belum dan sudah digunakan. Di website ini terdapat menu petak makam yang dimana petugas bisa menginput data makam berdasarkan golongan agama. Menu unit makam yang dimana petugas juga dapat menambahkan,, mengubah dan menghapus data unit makam. Menu login yang dimana setiap pengguna wajib memasukkan username dan password sebagai bentuk keamanan untuk mencegah pengguna illegal. Menu data makam yang dimana petugas bisa menginput data jenazah dan ahli waris Ketika mendaftarkan diri untuk memperoleh tempat untuk pemakaman.

Article Details

Section
Articles

References

[1] H. Jurnal, M. Hasbiyalloh, and D. A. Jakaria, “APLIKASI PENJUALAN BARANG PERLENGKAPAN HAND PHONE DI ZILDAN CELL SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA,” JUMANTAKA, vol. 1, no. 1, 2018.
[2] F. Andalia and E. B. Setiawan, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENCARI KERJA PADA DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KOTA PADANG,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 93, no. 2, 2015.
[3] A. Makam and K. dan Masyarakat, “BAB II LANDASAN TEORI.”
[4] A. Josi, K. Akuntansi, S. Prabumulih, J. L. Patra No, K. Sukaraja, and K. P. Selatan, “STMIK-MUSIRAWAS LUBUKLINGGAU 50 PENERAPAN METODE PROTOTIPING DALAM PEMBANGUNAN WEBSITE DESA (STUDI KASUS DESA SUGIHAN KECAMATAN RAMBANG),” 2017.
[5] A. Firman, H. F. Wowor, and X. Najoan, “Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web,” 2016.
[6] O. Pahlevi, A. Mulyani, and M. Khoir, “SISTEM INFORMASI INVENTORI BARANG MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED DI PT. LIVAZA TEKNOLOGI INDONESIA JAKARTA,” Jurnal PROSISKO, vol. 5, no. 1, 2018, [Online]. Available: https://livaza.com/.
[7] M. Firstiara Maudi, A. Laila Nugraha, and B. Sasmito, “DESAIN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELANGGAN PDAM BERBASIS WebGIS (STUDI KASUS : KOTA DEMAK),” 2014.
[8] B. Muslim, L. Dayana, S. Tinggi, and T. P. Alam, “SISTEM INFORMASI PERATURAN DAERAH (PERDA) KOTA PAGAR ALAM BERBASIS WEB,” 2016.
[9] M. Destiningrum and Q. J. Adrian, “SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DOKTER BERBASSIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT YUKUM MEDICAL CENTRE),” 2017.
[10] “Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemakaman Dan Pengabuan Jenazah”.
[11] “Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka) Oleh Ni Made Sueni.”
[12] A. D. Lestari and F. Komputer, “Fakultas Komputer LINEAR SEQUENTIAL.”
[13] M. Rohayati, “MEMBANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING DATA INVENTORY DI VIO HOTEL INDONESIA,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) 1 Edisi, vol. 1, 2014.