APLIKASI PENGADUAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KOTA DEPOK BERBASIS WEB

Main Article Content

Warno
Syahrul Hidayat Syahrul

Abstract

Terciptanya suatu tata kelola pemerintahan yang baik salah satunya tercermin pada kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Saat ini sistem informasi merupakan hal terpenting bagi semua masyarakat perkotaan, Sistem Informasi yang sudah terkomputerisasi akan menjadi kebutuhan bagi semua masyarakat perkotaan.Saat ini pengaduan masyarakat masih menggunakan metode manual sehingga pelayanan masyarakat ini menyulitkan masyarakat untuk melakukan pengaduan khususnya di jam-jam kerja.


Dalam membangun Aplikasi Pengaduan Pencemaran Lingkungan Kota Depok Berbasis Web metodelogi yang di gunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model proses waterfall sampai tahap pengujian. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP (Hypertext Preprocessor) dengan menggunakan MySQL sebagai basis datanya.


Hasil dari penelitian adalah terciptanya sebuah aplikasi yang dapat mempermudah proses pengaduan pencemaran lingkungan di kota Depok,  yang pada awalnya masyarakat harus datang ke kantor dinas lingkungan hidup dan kebersihan kota Depok untuk meyampaikan pengaduannya saat ini masyarakat cukup mengakses website, pada websait tersebut masyarakat dapat memonitoring status pengaduan yang telah di lakukan.

Article Details

Section
Articles

References

[1] A. Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur, 2016.
[2] Undang-Undang, Pemerintah Daerah. Republik Indonesia, 2014.
[3] Peraturan Pemerintah, Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Peraturan Pemerintah Indonesia, 2013.
[4] Undang-Undang, Tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Republik Indonesia, 2009.
[5] Peraturan Walikota, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan. DEPOK: Pemerintah, 2016.
[6] K. dan T. Suryana, Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
[7] U. P. A. S. Hidayat, E. Martantoh, “Sistem Informasi Penilaian Smk Global,” J. SIBERNETIKA, vol. 6, pp. 15–21, 2021.
[8] MADCOMS, Sukses Membangun Toko Online dengan PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi, 2016.
[9] R. Hidayat, Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.