Perancangan Sistem Informasi Jurnal (SI ENAL) STMIK Muhammadiyah Jakarta

Main Article Content

Gilang Nibras Nawari

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu sekolah tinggi yang mulai menerapkan kewajiban publikasi karya ilmiah sebagai salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiwanya. Namun pada saat penelitian ini dimulai STMIK Muhammadiyah Jakarta belum memiliki sistem insformasi yang dapat menunjang pengelolaan publikasi jurnal ilmiah secara elektronik yang dapat diakses dengan mudah oleh siapapun dan dimanapun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi jurnal (SI ENAL) yang dapat mengelola publikasi jurnal ilmiah secara elektronik dengan harapan dapat memfasilitasi mahasiswa maupun dosen dalam mempublikasikan jurnal ilmiahnya.


 


Perancangan Sistem Informasi Jurnal (SI Enal) ini menggunakan framework Codeigniter dan databasemenggunakan MySQL. Codeigniter digunakan karena sangat efektif untuk membangun aplikasi berbasis website. Selain itu codeigniter menggunakan konsep dasar MVC (Model, View, Controller) yang mempermudah dalam pembuatan sistem. Adapun metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan pendekatan Analisis, Perancangan, Pemrograman, Pengujian, dan Perawatan


 


Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi berbasis web yang dapat membantu mengelola jurnal elektronik di STMIK Muhammadiyah Jakarta. Adapaun hasil pengujian dengan menggunakan metode Black Box, didapatkan hasil semua sistem dan fungsi pada aplikasi berjalan dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Chamdan Purnama, Sistem Informasi Manajemen, Insan Global, 2016
[2] Jeperson Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, Deep Publish, 2014
[3] Dani Eko Hendrianto, Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada SMP Negeri 1 Donorejo Kabupaten Pacitan, Indonesian Journal on Networking and Security, Vol. 3 No. 4, 2014.
[4] Bruch dan Strater, “Definisi dan Pengertian Informasi Menurut Para Ahli” (http://www.definisi-pengertian.com/2015/03/definisi-dan-pengertian-informasi.html, Diakses pada 01 Mei 2019, 2019
[5] Jubile Enterprise, s.a, Membuat Website PHP dengan Codeigniter, PT Elex Media Komputindo, 2015
[6] Permadi setiawan, sulistiowati, dan julianto lemantara Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Evaluasi Belajar Mengajar Berbasis Web pada STIKES Yayasan Dr. Soetomo Surabaya, JSIKA Vol. 4, No. 2, September 2015.
[7] Jubile Enterprise, Otodidak MySQL untuk Pemula, PT Elex Media Komputindo, 2017.
[8] Ibnu Akil, Referensi dan panduan UML 2.4 Singkat Tepat Jelas, CV. Garuda Mas Sejahtera, 2018.
[9] Wahyu Nur Cholifah, Yulianingsih, Sri Melati Sagita, Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi
Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap, Jurnal String Vol. 3 No.2 Desember
2018.