SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM KOPERASI PT. KOBE BERBASIS WEB

Main Article Content

Ade Irawan
Moch Arief Sutisna

Abstract

Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Salah satu bentuknya adalah koperasi simpan pinjam. PT KOBE (Komponindo Beton Jaya) adalah sebuah perusahaan yang memiliki koperasi simpan pinjam bagi karyawannya, dimana dalam pengelolaannya seringkali terjadi kesalahan pencatatan transaksi simpan dan pinjam serta lambatnya pemutakhiran data dan informasi mengenai angsuran tiap anggota. Untuk mengatasi kesalahan pencatatan simpan dan pinjam serta menghindari kelambatan pembuatan laporan kegiatan koperasi maka penulis akan membuat sistem informasi simpan pinjam pada koperasi simpan pinjam PT.KOBE. Dalam pembuatan sistem informasi simpan pinjam ini, penulis menggunakan pendekatan SDLC (System Development Life Cycle) menggunakan metode Waterfall model sekuensial atau alur hidup klasik (classic life cycle) yang tahapannya terdiri dari analisis kebutuhan perangkat, desain, pembuatan kode program, pengujian dan pemeliharaan. Hasil pengembangan sistem simpan pinjam pada PT KOBE adalah penyederhanaan proses pencatatan keanggotaan koperasi, penyimpanan dan pemutakhiran data yang lebih baik mengenai transaksi simpan, pinjam dan angsuran dari tiap anggota serta proses pelaporan yang dapat dibuat secara periodik.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Hayyu Ratna Atikah dan Sukadi (2013), yang berjudul Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Koperasi Wanita Putri Harapan Desa Jatigunung Kecamatan Tulakan.
[2] Berdasarkan penelitian Fiki Maulana (2017), yang berjudul Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Koperasi BINATARA STMIK AKAKOM, Yogyakarta.
[3] Berdasarkan penelitian Arif Zulfikar (2012) yang berjudul Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada koperasi “KOPKA” Purworejo.
[4] Raymond McLeod & George P. Schell, 2013. Sistem Informasi Manajemen, Salemba Empat, Jakarta.
[5] Prof. Dr. Jogiyanto HM,MBA, Akt, 1989. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Offset :Yogyakarta
[6] Drs. Sudarsono, SH.,M.Si dan Edilius S.E , 1992. Koperasi dalam teori & Praktek Jakarta.
[7] Martino Wibowo & Ahmad Subagyo. 2017 Tata Kelola Koperasi Yang Baik . Sleman, CV. Budi Utama
[8] Priyanto Hidayatullah dan Jauhari Khairul Kawistara. 2015, Pemograman Web : Web sistem Informasi Akademik. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia :Bandung
[9] Budi Raharjo, 2014 Belajar Otodidak FrameWork CodeIgniter, Bandung. Informatika.