SISTEM INFORMASI PENJADWALAN KULIAH BERBASIS ALGORITMA GENETIKA

Main Article Content

Agus Qusaeri
Frida Eka Wardani

Abstract

Penjadwalan kuliah dalam suatu perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena jadwal kuliah merupakan komponen yang menentukan berjalannya aktivitas perkuliahan dalam suatu perguruan tinggi. Penyusunan jadwal kuliah merupakah hal yang sangat rumit karena banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan, antara lain mata kuliah, dosen, ruangan kuliah, dan waktu. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem informasi penjadwalan kuliah yang dapat mempermudah dalam menyusun jadwal kuliah.


Penelitian ini bertempat di STMIK Muhammadiyah Jakarta dengan menggunakan metodologi waterfall yang mempunyai tahapan: analysis, design, coding, testing, and maintenance. Adapun tools perancangan menggunakan UML diagram yang terdiri dari class diagram, use case diagram, activity diagram dan sequence diagram.


Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem penjadwalan kuliah yang memberikan informasi mengenai jadwal perkuliahan. Selain itu hasil penelitian menunjukan bahwa algoritma genetika dapat diterapkan dengan baik pada optimasi penjadwalan mata kuliah. Proses dari penjadwalan ini menghasilkan jadwal dengan solusi terbaik dan memiliki nilai fitness rata-rata 0.93, serta hasil pengujian  fungsionalitas sistem sebesar 99.26%.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Eriyanto.2014.”Ilmu Sistem: Meningkatkan Mutu dan Efektivitas Manajemen. Jilid Satu”.IPB Press, Bogor.
[2] Hariyanto,DR.Bambang.2014.”Sistem Operasi”.Informatika Bandung. Bandung.
[3] Laudon, Kenneth C:Laudon,Jane P.2017.”Sistem Informasi Manajemen”.Palgrave,Basingstoke.
[4] Munir. Rinaldi.2015.”Algoritma dan Pemrograman”.Informatika Bandung.Bandung.
[5] Prabawati.Ari.Theresia.2016.”Teknik Mudah Membangun Website dengan HTML, PHP, dan MySQL”. ANDI. Yogyakarta.
[6] Susanto, Azhar.2015.”Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya”.Lingga Jati. Bandung.
[7] Basuki A.2017.”Algoritma Genetika: Suatu Alternatif Penyelesaian Permasalahan Searching, Optimasi dan Machine Learning”.Politeknik Elektronika Negeri Surabaya