SISTEM MONITORING SOLAR TRACKER BERBASIS WEB

Main Article Content

Karyadi
Aditya Waras Utama
Taufiqqurrahman

Abstract

Panel surya sudah mulai dipakai masyarakat luas dalam memenuhi kebutuhan listriknya, namun kebanyakan pemasangannya masih statis sehingga produktivitas panel surya rendah dan monitoring alat masih manual. Melihat kondisi di atas, penulis bermaksud membuat alat solar tracker dengan menggunakan mikrokontroler arduino dan sistem monitoringnya. Sistem tracker merupakan kebutuhan pengguna panel surya agar dapat meningkatkan produktivitas panel surya. Sedangkan sistem monitoring membantu pengguna panel surya dalam memantau produktivitas panel surya. Agar sejalan dengan perkembangan Internet Of Things yaitu menghubungkan segala peralatan dengan internet agar mampu di monitoring oleh pengguna secara secara realtime. Sehingga pengguna dapat memperoleh informasi data secara online.


Metodologi penelitian yang digunakan dalam membangun sistem monitoring solar tracker yaitu menggunakan metode prototype yang terdiri dari identify user need, develop prototype, dan prototype acceptable.


Hasil dari penelitian tentang panel surya, dan sistem monitoring solar tracker berbasis web dapat meningkatkan produktivitas adalah sebagai upaya agar mempermudah pemantauan produktivitas panel surya.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Sutarman, (2012), Buku Pengantar teknologi informasi, Sleman, Deepublish.
[2] Moerdiyanto, (2009), Teknik monitoring dan evaluasi (monev) dalam rangka memperoleh informasi untuk pengambilan keputusan manajemen, Yogyakarta, Andi.
[3] Septiadi, (2009), Surya Sebagai Energi Proyeksi Potensi Energi Terbarukan, Bookbon.com: e-ISSN 2527-5372.
[4] Siberto, (2012), Web Programming Power Pack, Yogyakarta, Mediakom.
[5] Ningsih Kustiyah, (2011), Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL, Jakarta, Graha Ilmu.
[6] Supomo, Putratama Virdiandry, (2016), Pemrograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter, Sleman, Deepublish.