APLIKASI GAME EDUKASI KESENIAN DAERAH JAWA PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Nina Meliana
Eri Ozi Rahmadi

Abstract

Aplikasi game edukasi kesenian terapan daerah Jawa merupakan bentuk dari pembelajaran secara digital melalui Android yang bertujuan untuk membantu orang tua dan anak agar dapat melestarikan dan mengetahui tentang kesenian terapan daerah Jawa dengan baik. Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat tingginya perubahan zaman di era 4.0., semua itu membuat hal-hal yang tidak mengikuti perkembangan zaman dapat tergerus oleh cepatnya perkembangan tersebut, termasuk kesenian daerah yang merupakan salah satu aspek yang dapat mudah tergerus oleh perkembangan zaman. Dengan memanfaatkan teknologi yang sudah semakin maju, kesenian daerah dapat bertahan dalam sengitnya perkembangan zaman ini.


Metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan aplikasi game edukasi kesenian daerah Jawa berbasis Android, menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), dimana metode tersebut menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Dimulai dengan ide awal dari aplikasi atau konsep (concept), kemudian mulai dengan perancangan (design), pengumpulan materi (material collection), pembuatan aplikasi (assembly), pengecekan bug test (testing) dan pendistribusian aplikasi (distribution). Pembuatan aplikasi game, menggunakan bahasa pemograman HTML5 (event sheet).


Hasil yang diperoleh dari pembuatan aplikasi game edukasi kesenian terapan daerah Jawa ini dapat membantu orang tua, guru dan anak-anak sekolah dalam menjalankan proses belajar mengajar, serta dapat meningkatkan minat ketertarikan dalam melestarikan kesenian Negeri sendiri.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Edy Winarto, dkk., Hacking & Programming dengan Android SDK untuk Advanced. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2012.
[2] Hanif Irsyad, Aplikasi Android dalam 5 Menit. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2016.
[3] Mengenal Kota Kita “Pengertian Daerah” https://mengenalkotakita.blogspot.com., di akses pada tanggal 19 Juli 2020.
[4] Medium.com “Pengertian Edukasi” https://medium.com/@tibalagiblog, diakses pada tanggal 29 Mei 2020
[5] Ivan C. Sibero, Langkah Membuat Game 3D. Yogyakarta: PT. BUKU KITA, 2009.
[6] Samuel Henry, Cerdas dengan Game. Jakarta: PT.Gramedia Jakarta, 2010.
[7] Kompasiana.com “Permainan Edukasi Sebagai Media Pendidikan” https://www.kompasiana.com/anisfitria, diakses pada tanggal 28 September 2021.
[8] Dr. Muhammad Hasyim, M.Si., Buku Ajar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanudin, Makasar, 2016.
[9] Forum.teropong.id “Pengertian Kesenian dan Pengertian Kesenian menurut para ahli” https://forum.teropong.id., diakses pada tanggal 24 September 2020