SISTEM INFORMASI PEMESANAN PERCETAKAN BERBASIS WEB STUDI KASUS PADA CV PERCETAKAN SAHABAT

Main Article Content

Himawan Dwiatmodjo
Sunda Imam Syaputra

Abstract

Sistem ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun suatu website sistem informasi dan pemesanan jasa percetakan. Sistem informasi ini dikembangkan menggunakan Adobe Dreamweaver CSS3 sebagai editor Web Interface, XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Penulis membuat sebuah website yang menjadi mediator pemesanan jasa percetakan yang tidak memerlukan dana besar, mudah untuk dipahami dan memiliki tampilan yang menarik. Tujuan dari website ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pemesanan jasa percetakan, tanpa harus berinteraksi secara tatap muka dengan penjual.


Dalam penelitan ini penulis menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari 5 tahapan dalam perangkat lunak. Adapun tahapan tersebut  ialah analisis, desain, pengujian, implementasi dan  perawatan. Pengumpulan data  untuk memenuhi kebutuhan informasi menggunakan metode studi pustaka yang terdiri dari Informasi Percetakan dan lainnya  serta melalui web yang terkait.


Penelitian ini menghasilkan sebuah system yang dapat membantu perusahaan dalam poses pemesanan percetakan secara terintegrasi dan proses laporan kegiatan transasksi secara up to date.

Article Details

Section
Articles

References

[1] & Z. Effendi, E-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI, 2010.
[2] D. Z. Amsyah, MLS.”Manajemen Sistem Informasi”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utara, 2004.
[3] Susanto azhar, “pengertian sistem informasi, ciri, fungsi, komponen” Sistem Informasi Manajemen konsep dan pengembangannya. Bandung, 2004.
[4] P. W. D. Susanti Apif, “E-Commerce Pada Toko My Digital,” Sist. Inf., vol. 04, no. Fak. Ilmu Komput, p. hal.7, 2015.
[5] N. D. Arizona, “Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Web,” ybernetics, vol. 01, no. 05, p. 102, 2017.
[6] Rahmat Hidayat, Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kompas – Gramedia, 2010.
[7] A. Aziz and T. Tampati, “Analisis Web Server untuk Pengembangan Hosting Server Institusi: Pembandingan Kinerja Web Server Apache dengan Nginx,” Multinetics, vol. 01, no. 02, p. 12, 2015.
[8] J. Hutahean, Konsep Sistem Informasi, Galih Pang. Yogyakarta: ANERTA, 2014.
[9] S. Pressman, P., & Roger, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI, 2015.