SISTEM PAKAR PENURUN BERAT BADAN

Main Article Content

Bambang Judi Bagiono
Alfanikko Dwi Putra Arifin

Abstract




Faktor permasalahan yang sangat berpengaruh pada keberlangsungan hidup manusia adalah permasalahan pada berat badan yang tidak ideal, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan raga dan kesehatan jiwa manusia itu sendiri, dampak yang kerap dialami seperti ancaman kesehatan, menurunnya kepercayaan diri dan akan menurunkan produktifitas dalam kegiatan sehari-hari. Banyak cara untuk menurunkan berat badan, namun tidak semua cara penurunan berat badan dapat bertahan lama dan memberikan dampak baik pada manusia, karena manusia tidak hanya membutuhkan raga yang sehat, namun juga harus mempuyai jiwa yang sehat dan asupan makanan yang seimbang, dengan permasalahan yang ada penulis mencoba untuk menyusun suatu Sistem Pakar Penurun Berat Berbasis Android. Aplikasi Sistem Pakar Penurun Berat Berbasis Android, memiliki keunggulan yang berorientasi pada pemahaman status indeks masa tubuh, kalkulasi berat badan ideal, kebutuhan energi basal dan kebutuhan zat gizi, sehingga aplikasi ini sangat efektif dalam penurunan berat badan.


Tujuan dari penelitian ini memberikan solusi melalui pengkajian beberapa teori ddalam rangka perancangan sistem pakar penurun berat badan berbasis android. Metodologi pengembangan aplikasi yang penulis gunakan adalah metode SDLC (System Develop Life Cycle) dengan model proses waterfall sampai tahap pengujian. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Android Studio menggunakan Adobe Photoshop utnuk pemenuhan kebutuhan desain gambar.


Hasil dari aplikasi Sistem Pakar Penurun Berat Badan Berbasis Android ini adalah dapat memberikan motivasi bagi penggunanya untuk lebih peduli dengan pola hidup yang sehat, dapat memberikan dan meningkatkan pemahaman tentang status indeks masa tubuh, kalkulasi berat badan ideal, kebutuhan energi basal dan kebutuhan zat gizi.




Article Details

Section
Articles

References

[1] H. T. H. P. Marimin, Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2006.
[2] H. B.Herawan, Sistem Pakar, Jogjakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2018.
[3] M. M. Sutiono S.Kom., "Pengertian Sistem Pakar Menurut para Ahli," [Online]. Available: https://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/pengertian-sistem-pakar. [Accessed 9 September 2021].
[4] "Sistem Pakar," [Online]. Available: ”https://www.dosenpendidikan.co.id/sistem-pakar/. [Accessed 9 September 2021].
[5] Saranilmu, "Sistem Pakar – Pengertian, Tujuan Dan Strukturnya Terlengkap," [Online]. Available: https://www.weschool.id/pengertian-sistem-pakar-tujuan-dan- strukturterlengkap/#forward. [Accessed 9 September 2021].
[6] P. A. Saputra, "Sistem Pakar Diagnosis Kanker Rahim Dengan Menggunakan Metode Forward Chainning," STMIK Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, 2019.
[7] [Online]. Available: https://lektur.id/arti-penurun/#Pengertian_Penurun. [Accessed 12 Mei 2020].
[8] S. W. T. P. H. Holil M. Par’i, "Penilaian Status Gizi," Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia, Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, 2017, p. 47.
[9] N. H. Putri, "Cara Menghitung IMT atau Indeks Massa Tubuh yang Akurat," [Online]. Available: https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghitung-indeks-massa-tubuh-imt- yang-akurat. [Accessed 29 Juni 2021].
[10] H. Tandra, "Gaya Hidup Enak Menurunkan Berat Badan," Yogyakarta, Rapha Publishing, 2019, p. 9.
[11] A. Veratamala, "Cara Menghitung BMR: Kalori Minimum yang Dibutuhkan Tubuh," [Online]. Available: https://hellosehat.com/nutrisi/cara-menghitung-bmr/. [Accessed 1 Juli 2021].
[12] N. H. Putri, "Cara Menghitung BMR untuk Mengetahui Kebutuhan Kalori Harian," [Online]. Available: https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghitung-bmr-untuk- mengetahui-kebutuhan-kalori-harian. [Accessed 1 Juli 2021].
[13] N. I. G. D. K. Isti Suryani, "Dietetik Penyakit Tidak Menular," Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2018, pp. 75-76.
[14] N. I. G. D. K. Isti Suryani, "Dietetik Penyakit Tidak Menular," Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2018, p. 78.
[15] H. M. A. T. M. Joni Karman, "SIstem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata," Sleman, DEEPUBLISH, 2018, p. 1.
[16] E. F. A. A. S. Sugiarti, Desain Penelitian Kualitatif Sastra, malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
[17] pengetahuandanteknologi, "Pengetahuan dan teknologi," [Online]. Available: Pengetahuan dan teknologi, waterfall, http://www.pengetahuandanteknologi.com/2016/09/metode-waterfall-definisi- tahapan.html. [Accessed 28 JULI 2020].