SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN PROYEK BERBASIS WEB PADA PT. GIRDER INDONESIA

Main Article Content

Nasirudin
Boyke Panca Ufairah

Abstract

Permasalahan yang di hadapi oleh PT. Girder Indonesia saat ini adalah memonitoring perkembangan proyek yang tidak dapat diketahui dengan cepat sehingga mengakibatkan penyelesaian proyek menjadi lambat, kemudian sering terjadi kesalahan pencatatan data perkembangan proyek yang mengakibatkan kekeliruan dalam menentukan data perkembangan proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan sistem informasi monitoring perkembangan proyek berbasis web pada PT. Girder Indonesia untuk mempermudah manager dalam melakukan pemantauan perkembangan proyek.                       


Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang dimulai dari analysis, design, implementation, testing and integration, dan operation and maintenance. Pengujian fungsional dilakukan dengan metode Black Box Testing untuk mengetahui apakah fungsi-fungsi dan keluaran dari perangkat lunak sesuai kebutuhan. Sistem monitoring perkembangan proyek berbasis web ini di bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL.


Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya sistem informasi monitoring perkembangan proyek  berbasis web yang mampu membantu admin dalam mengelola data proyek, mendownload file dokumentasi dan gambar pengerjaan proyek serta mampu mempermudah admin dalam melihat perkembangan proyek dalam bentuk presentase dan progress bar mulai dari progress rencana, realisasi dan finalisasi.

Article Details

Section
Articles

References

[1] S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.
[2] J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
[3] M.B Romney, and P. Steinbart, Sistem Informasi Akuntansi Edisi 13, Alihbahasa : Kikin Sakinah dan Novita Puspasari. Jakarta: Salemba Empat, 2015.
[4] Krismiaji, Sistem Informasi Akuntansi Edisi Ketiga, 3 ed. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2015.
[5] A. Nugroho, "Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Aset UKM STMIK STIKOM Bali Berbasis Client Server," Konferensi Nasional Sistem & Informatika, pp. 973-976, 2015.
[6] Sutarman, Buku Pengantar Teknologi Informasi.Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
[7] Mudjahidin, and N.D.P. Putra, "Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web Studi Kasus di Dinas Bina Marga dan Pemantusan," Jurnal Teknik Industri, pp. 75-83, 2010.
[8] Aprisa, and S. Monalisa, "Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Inti Pratama Semesta)," Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 49-54, 2015.
[9] Y.P. Nugroho, "Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Website (Studi Kasus: Pelaksanaan Proyek Kontruksi Di Kampus UNDIP Tembalang)," Tesis Univeristas Diponegoro Semarang, pp. 1-108, 2012.
[10] Y.T. Arifin, I. Elyana, and R. Hidayat, "Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Konstruksi Pada Perum Perumnas Jakarta Berbasis Web," Prosiding Seminar Nasioanl Inovasi dan Tren, pp. 224-229, 2018.
[11] B.H. Bekti, Mahir Membuat Website Dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan Jquery. Yogyakarta: ANDI, 2015.
[12] M.I. Saputro, T. Sukendar, and A.S. Hidayat, "Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web Pada PT. Wahana Reka Tekindo Jakarta," Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, 2018.
[13] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.
[14] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.