SISTEM INFORMASI SISWA MENGGUNAKA PHP DAN MYSQL PADA SMK MA’ARIF NU 2 PAGUYANGAN

Main Article Content

Muhammad Ikhsan
Satria Putra Utama
Tatang Yogaswara

Abstract

Data merupakan sumber informasi yang paling penting dan sangat dibutuhkan pada saat ini baik di perusahaan swasta dan instansi pemerintahan, salah satunya adalah di bidang pendidikan. Sejalan dengan perkembangan dunia teknologi dan informatika, pengelolaan data berbasis komputer sangat menunjang proses adminstrasi yang lebih akurat serta menunjang kelancaran proses belajar mengajar pada suatu organisasi sekolah, dibandingkan dengan proses manual yang berpotensi menimbulkan kesalahan dalam penyampaian informasi karena kesalahan dalam memproses data. Pengolahan data siswa pada SMK Ma’arif NU 2 Paguyangan saat ini belum optimal, karena masih dilakukan manual sehingga terdapat hambatan dan kesulitan dalam pencarian data siswa dengan cepat. Permasalahan tersebut membuat penulis berinisiatif untuk mendesain suatu aplikasi yang dapat mempercepat proses pengelolaan data siswa, yaitu suatu sistem yang berbasis komputer dengan menggunakan perangkat lunak PHP dan MySQL sebagai database dan sistem ini dalam bentuk offline. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu substansi pendidikan SMK Ma’Arif NU 2 Paguyangan dalam menyajikan sebuah Sistem Informasi Siswa sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam pencarian dan memberikan Informasi yang berhubungan dengan Data Siswa itu sendiri


Metodologi yang digunakan oleh penulis menggunakan metode SDLC TRADISIONAL. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data dengan menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan dengan cara menganalisis data-data yang didapat berdasarkan referensi-referensi lainya yang relevan.


Hasil dari penelitian in, dapat dibuat sebuah Sistem Informasi tentang Data Siswa dalam suatu kelompok database dengan menggunakan suatu perangkat lunak, sehingga dapat membantu dan mempermudah dalam pendataan siswa dan memperluas cakrawala pengetahuan terhadap penulis  dalam merancang suatu Sistem Informasi.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Jeperson Hutahaean. 2014. Konsep sistem informasi. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
[2] Prof. Dr. Jogiyanto HM. 2008. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: CV.Andi.
[3] Tatasutabri. 2012. Konsep sistem informasi. Yogyakarta: CV. Andi.
[4] Yudhy Wicaksono. 2016. Mengelola Data Penerbit. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
[5] System Manajemen Sekolah. 2006. Kompas Gramedia.
[6] Munawar. 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek UML. Bandung: INFORMATIKA
[7] Achmad Solichin,S.Kom. 2010. Pemrograman Web Dengan PHP dan MySQL Universitas Budi luhur. Jakarta.
[8] 2016. Ardina Desi Susana, Sri Lestanti. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika.
[9] Jakarta 2016, Tim EMS PHP 5 dari Nol. PT.Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
[10] McLeod,Jr, Raymond. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.