SISTEM INFORMASI KASIR BERBASIS WEB PADA B-FOOD BUMIAYU

Main Article Content

Muhammad Teguh Setiawan
Tatang Yogaswara
Nina Meliana

Abstract

Sistem informasi dalam kegiatan usaha merupakan mekanisme proses yang berkesinambungan dalam meningkatkan produktivitas usaha dan sumber daya manusianya. Pengelolaan sistem informasi kasir pada B-Food Bumiayu saat ini masih menggunakan proses manual yaitu ditulis dalam buku sehingga kurang efektif dan efisien, dikarenakan sering terjadi kesalahan dalam perhitungan jumlah yang harus di bayar, banyaknya waktu yang dibutuhkan dalam penulisan laporan, pengelolaan arsip yang tidak optimal, serta proses pelayanan yang kurang maksimal saat terjadi transaksi dengan tingkat keramaian pembeli yang cukup banyak. Keterbatasan pengelolaan sistem informasi tersebut membuat penulis terinspirasi untuk membuat sistem informasi kasir berbasis Web yang dapat mendukung proses transaksi penjualan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien serta dapat meningkatkan produktivitas usaha dan sumber daya atau karyawannya.


Dalam metodologi, penulis menggunakan waterfall sebagai perancangannya yang terdiri dari lima tahapan, yaitu perencanaan sistem, analisa sistem, desain, implementasi dan pengujian sistem, serta pemeliharaan sistem.


Dengan sistem informasi kasir berbasis web pada B-Food Bumiayu maka aplikasi kasir yang dipergunakan dalam kegiatan usaha dapat mempermudah dalam perhitungan proses pembayaran, mempermudah pembuatan laporan secara berkala, mampu mencetak struk pembayaran, mempercepat waktu transaksi khususnya saat terjadi transaksi yang saat banyak serta pengelolaan arsip menjadi lebih optimal dari sistem yang telah terkomputerisasi.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi.
[2] Jeperson Hutahaean. 2017. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV.Budi Utama.
[3] Taufiq & Rohmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[4] Munawar. 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Informatika Bandung.
[5] Muhammad, Muslihudin Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangn Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset
[6] Slamet Sugiri Sodikin & Bogat Agus Riyono. 2014. Akutansi Pengantar I (Edisi Kesembilan). Yogyakarta: UPP STIM YKPN
[7] Jubilee Enterprise. 2017. PHP Komplet. Yogyakarta : Elex Media Komputindo.
[8] Andi. 2012. Mudah Membuat Portal Berita Online dengan PHP dan MySQL Semarang: Andi , Wahana Komputer.
[9] Riyanto. 2016. Membuat Sendiri aplikasi e-comerce dengan PHP & MySQL Menggunanakan CodeIgniter & JQuery. Yogyakarta: Andi Publisher.
[10] Sadeli, Muhammad. 2014. Aplikasi Bisnis dengan PHP dan MySQL. Palembang: Maxikom